Header Ads

Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Terpanjang Di Dunia

Air merupakan sumber kehidupan, semua makhluk hidup yang terdapat di dunia ini memerlukan air untuk dapat bertahan hidup. Sedangkan Sungai merupakan salah satu sumber air yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Manusia menggunakan sumber daya alam ini sebagai sumber air untuk pengairan pada pertanian, sarana lalu lintas / transportasi, budidaya perikanan dan juga sebagai pembangkit tenaga listrik air (PLTA).

Pada masing – masing benua hanya beberapa saja yang memiliki sungai panjang terluas dan diantaranya terkenal di berbagai belahan dunia.

Sungai Nil


Sungai tersebut sudah menjadi simbol sungai terluas di dunia yang paling terkenal. Tempatnya di Danau Victorial dan mengaliri diantra 9 negara yaitu Kenya, Zaire, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Ethiopia dan Mesir. Panjangnya mencapai 4180 mil.Karena sungai Nil mempunyai sama artinya dalan sejarah bangsa Mesir (terutama Mesir kuno) maka sungai Nil identik dengan Mesir. Sungai Nil mempunyai perangan sangat penting dalam peradaban, kehidupan dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Salah satu sumbangan dari sungai Nil adalah kemampuannya dalam menghasilkan tanah subur sebagai hasil sedimentasi di sepanjang daerah aliran sungainya. Dengan adanya tanah subur ini menjadikan penduduk Mesir mengembangkan pertaniannya dan peradaban Mesir berkembang sejak ribuan tahun yang lalu.

Sungai Amazon

Sungai  Dengan panjang sekitar 3912 mil hingga menyumbang dari 1/5 bagian total sungai yang ada di dunia. Aliranya dimulai dari Glazer danau Fed di Peru yang kemudian mengaliri beberapa negara Amerika Latin dan berakhir tepat di Samudra Atlantik.

Jumlah air tawar yang dilepas ke Samudra Atlantik sangat besar: 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) di musim hujan. Aliran Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.


Sungai Yangtze

Sungai dengan panjang mencapai 63.000 KM dan menjadi sungai terluas ketiga diantara lainya. Sebutan lain dari sungai Yangtze yaitu Sungai Chang Jiang yang mengaliri Tibetan dan berakhir di laut China. Sungai ini dikenal sebagai Sungai Yangtze (hanyu pinyin: Yangzi) karena adanya salah pengertian dari para misionaris pada awalnya. Sungai Yangtze (Hanzi: 楊子江) hanya merujuk kepada bagian hilir Sungai Panjang, namun karena ini yang pertama didengar oleh orang Barat, maka digunakanlah Sungai Yangtze untuk mewakili seluruh Sungai Panjang.

Sungai Mississipi

Sungai ini masuk dalam jajaran sungai terluas juga dengan aliran dari pengunungan Red Rock, Danau Itasca di Minnesota hingga bermuara di Teluk Meksiko. Panjangnya sekitar 3713 mil dan mengaliri 6 negara bagian Amerika pusat.

Mata air Mississippi ialah di negara bagian Minnesota, dekat perbatasan dengan Kanada. Mississippi mengalir dari selatan melintasi tengah AS. Mengalir melewati negara bagian Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, dan Mississippi.

Muara Mississippi ialah di negara bagian Louisiana, selatan kota New Orleans. Mississippi bermuara di Teluk Meksiko.

Mississippi memiliki banyak anak sungai. Batas air Mississippi meliputi kebanyakan AS. Ini berarti bahwa Mississippi dan anak-anak sungainya mengalir di kebanyakan negara AS.

Sungai Yenise




Sungai Yenise yang berawal dari gunung Tannu-Ola di Rusia kemudian hilirnya berakhir di Samudra Artik. Total panjangnya sampai 3434 mil.

Tidak ada komentar