Header Ads

Patung Terbesar dan Tertinggi di Dunia

Patung Terbesar dan Tertinggi di Dunia

Keajaiban Patung tak hanya mampu memancing perasaan orang yang melihatnya, namun patung juga bisa sebagai lambang (simbol), monumen peringatan ataupun menceritakan tentang peristiwa dalam sejarah yang pernah terjadi. sebagai karya seni 3 dimensi yang sudah diwariskan dari jaman nenek moyang kita.

Laykyun Setkyar - Monywa, Myanmar


patung raksasa Laykun Setkyar yang berada di atas bukit Po Kaung di desa Khatakan Taung, Monywa, Myanmar. Patung Lakyun Setkyar menjadi lambang ikonik bagi umat Buddha Myanmar dan tepat di depannya ada patung Buddha berbaring yang tak kalah keren dan mengagumkannya.

Tinggi patung ini sendiri mencapai 116 meter dan tempat singgasana ia berdiri 13,5. Total dari keseluruhan adalah sekitar 129,5 meter dengan berisikan 31 lantai didalam patung tersebut. Setiap lantainya berisikan lukisan dinding yang melambangkan kehidupan alam semesta. Keren banget pokoknya, cobain deh berlibur ke tempat ini.

Guan Yu of Yuncheng, Shanxi Cina




Patung Guan Yu of Yuncheng yang berada di Shanxi Cina mengisahkan tentang Legenda Jenderal Tersohor Guan Yu (Guan Hong) yang masih saudara angkat dari Kaisar Liu Bei dari Dinasti Shu. Sosok Guan Yu sendiri bagi masyarakat Cina melambangkan moral, kesetiaan serta kebenaran.

Patung ini dibangun pada tahun 2010 dengan tinggi 61 meter dan podium tempat ia berdiri memiliki tinggi 19 meter.

Spring Temple Buddha, Henan, Cina


Dengan tinggi patung 128 meter beserta lotus dan semua sanggaan tempat berdirinya menjadi total 153 meter, Spring Temple Buddha mencetak rekor sebagai salah satu patung terbesar dunia. Sebagai penggambaran tokoh spiritual umat Buddha, patung ini setiap harinya selalu mendapat kunjungan dari wisatawan local maupun mancanegara yang ingin melihat betapa menakjubkannya patung tersebut.

Leshan Giant Buddha di Cin



Leshan Giant Buddha menjadi salah satu patung tertua di dunia, sudah ada sejak abad ke 8. Yang luar biasa dari pembuatan patung ini adalah dipahat langsung dari sebuah tebing raksasa oleh para biksu di jaman tersebut dan menggunakan konsep canggih sistem irigasi anti hujan agar tidak merusak keindahan patung.

Memiliki tinggi 71 meter dan sampai sekarang menjadi salah satu tempat suci bagi seluruh umat Buddha di dunia.

Patung Yesus Kristus (Christ The Redeemer) di Rio de Janeiro, Brazil


Kota Rio de Janeiro di Brazil juga mempunyai salah satu patung menakjubkan di dunia yakni Christ The Redeemer (Christo Redentor) adalah patung raksasa yang menggambarkan Tuhan Yesus Kristus dalam kepercayaan umat Nasrani.

Memiliki ukuran tinggi 39,6 meter terhitung dari alas berdirinya.Yang menjadikan patung ini sangat populer dibandingkan dengan patung Yesus dari negara lain adalah memiliki panorama sangat Indah bila dilihat dari pelabuhan Guanabara dan Lagoa Rodrigo de Freitas.

Patung Liberty di New York Amerika Serikat



Statue of Liberty (Liberty Enlightening the World) atau kita mengenalnya sebagai patung liberty adalah patung berukuran raksasa 46 meter (jika dihitung dari alas total 93 meter) yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat.

Patung sendiri ini dihadiahkan oleh Negara Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke 19 dan sebagai  simbol selamat datang untuk para pengunjung, imigran dan orang-orang Amerika yang telah kembali pulang ke negaranya.

Berbahan dari Perunggu dan resmi didirakan pada tanggal 28 Oktober 1886 sebagai hadiah 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan masuk daftar situs warisan dunia UNESCO. Salah satu makna penting dari Patung Liberty itu sendiri adalah melambangkan kemerdekaan serta kebebasan dari tekanan (perbudakan).

Tidak ada komentar