Header Ads

Cara mengobati penyakit wasir atau ambeien

Cara Mengobati Penyakit Wasir Atau Ambeien
 

Ambeien atau yang dikenal dengan nama wasir ialah salah satu penyakit yang mengenai bagian bibir anus. Dimana pada bagian ini ada pembengkakan dalam bentuk benjolan kecil yang berada di sekitar area anus tersebut. Adanya resiko ini membuat seseorang tidak dapat duduk dengan nyaman, bahkan pada proses buang besar menjadi terganggu dan sakit. Meskipun penyakit ini tidak mematikan, namun akan lebih baik bilamana dilakukan perawatan dan pengobatannya dengan segera, sebelum wasir tersebut semakin berat. Adanya kemungkinan buruk dari resiko ambeien yang sudah terlalu parah harus dioperasi. Untuk itu, pengobatan dengan segera menjadi yang paling utama dalam mengatasi wasir ini.

Gejala penyakit wasir atau ambeien

1. Perdarahan

Perdarahan umumnya merupakan tanda pertama hemoroid interna akibat trauma oleh feces yang keras. Darah yang keluar adalah darah segar yang tidak bercampur dengan feces (hematochezia), dengan kuantitas yang bervariasi, kadang menetes tapi kadang juga memancar deras. Bila perdarahan ini terjadi berulang-ulang dapat menyebabkan anemia.

2. Nyeri hebat

Harus diingat bahwa “nyeri hebat” tidak ada hubungannya dengan hemoroid interna, tetapi hanya terjadi pada hemoroid eksterna yang mengalami trombosis. Sedangkan “nyeri” hanya timbul pada hemoroid interna apabila terdapat trombosis yang luas dengan udem dan radang.

3. Benjolan

Bila hemoroid semakin besar maka dapat menonjol keluar, mula-mula hanya waktu defekasi dan setelah selesai defekasi benjolan tersebut dapat masuk sendiri secara spontan (derajat II). Tahap berikutnya setelah keluar waktu defekasi tidak dapat masuk sendiri dan harus dimasukan secara manual (derajat III). Kemudian hemoroid dapat berlanjut menjadi bentuk yang mengalami prolaps menetap dan tidak dapat didorong masuk lagi. (derajat IV)


metode pengobatan wasir hidroterapi.

1. Siapkan bak besar yang bisa memuat tubuh penderita wasir yang akan menjalani terapi, bagi yang memiliki bath tub bisa langsung menggunakan bath tub.
2. Isi bak atau bath tub tadi dengan air hangat kurang lebih antara 8 sampai 10 cm.
3. Dudukkan penderita wasir atau ambein di dalam bak atau bath tub yang telah di isi air hangat tadi dengan posisi lutut di tekuk dan didekatkan di dada.
4. Biarkan duduk dalam posisi tersebut selama kurang lebih lima menit
5. Setelah itu ganti air di dalam bak atau bath tub dengan air dingin.
6. Lakukan posisi duduk seperti tadi dengan air dingin sebagai media.
7. Biarkan duduk dalam posisi seperti tadi dalam air dingin selama satu menit
8. Lakukan proses tadi berulang dengan air hangat dan air dingin tiga kali.

Obat Ambeien/Wasir Tradisional

Menggunakan bahan-bahan alami merupakan salah satu jalan penyembuhan yang bisa diracik sendiri tanpa harus mencampurkan dengan bahan kimia, dan bahan-bahan tersebut, ialah:

Daun sirsak

Daun sirsak sangat baik bagi kesehatan tubuh karena kandungan yang dimilikinya ini dapat menghilangkan bengkak pada anus atau ambeien.

Kulit manggis

Menggunakan kulit manggis sebagai pengobatan ambeien yang alami ini, dapat diterapkan seperti menggunakan daun sirsak. Yaitu pada proses pemilihan kulit manggis yang telah dicuci dan dimasak bersama beberapa air. Masak sampai matang dan bisa disajikan sebagai obat wasir yang ampuh. Pada pola pengonsumsian ini juga harus rutin, seperti pada setiap pagi hari.

Akar Jeruk Nipis

Ambillah akar jeruk nipis secukupnya lalu dicuci sampai bersih. Panaskan bersama air putih hingga mendidih. Saat air tersebut matang, biarkan terlebih dahulu hingga dingin. Saring air dan minum setiap satu gelas saja dalam sekali minum. Bilamana masih tersisa, bisa diminum pada waktu berikutnya.

Daun Jambu Biji

Dari hari ke hari, sepertinya mata kita semakin terbuka, seolah-olah manfaat daun jambu biji ini tak ada habisnya. Baru tadi kita membahas salah satu obat untuk sakit perut menggunakan daun jambu biji. Sekarang, kita harus menggunakan daun jambu biji untuk mengobati ambeien. Caranya cukup mudah, ambil pucuk daun jambu biji secukupnya, lalu ditumbuk bersama dengan sebuah pisang batu. Peras airnya lalu diminum.

Bawang Putih

Sama seperti daun jambu biji, manfaat bawang putih juga seolah tak ada habisnya. Tadi, kita sudah memanfaatkan bawang putih sebagai obat untuk meredakan sakit pinggang, sekarang kita akan menggunakan bahan yang sama untuk mengobati wasir. Ambil beberapa siung bawang putih, kupas dan haluskan. Oleskan ramuan tersebut pada sekitar anus. Lakukan secara rutin setiap hari sampai sembuh.

Tanaman Pegagan/Kaki Kuda

Tanaman pegagan atau sering disebut juga sebagai kaki kuda, merupakan tanaman rumput liar yang biasa tumbuh di kebun dan pekarangan rumah. Meski begitu, ini merupakan tanaman berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Termasuk mengobati ambeien. Satu genggam tanaman pegagan beserta akarnya dicuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air selama 5 menit. Setelah dingin, airnya disaring dan air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, sebanyak 1 gelas setiap kali minum.

Daun Komfrey

Pilih daun komfrey yang telah dicuci sampai bersih, lalu dicampurkan dengan garam dan diremas-remas. Daun dan garam ini bisa dikonsumsi sebagai menu lalapan, cukup sehari satu kali saja secara rutin. Bila tak suka dengan lalapan, bisa merebus daun konfrey sampai matang, diamkan sampai dingin, lalu minum satu gelas saja, sisanya untuk waktu selanjutnya. Dalam artian satu kali minum hanya satu gelas saja.

Tidak ada komentar