Header Ads

Cara Mengatasi Anemia Mudah Tanpa Obat

Cara Mengatasi Anemia Mudah Tanpa Obat

anemia merupakan suatu keadaan dimana hemoglobin kurang dari normal yaitu 10-12 g/dl. Anemia ini jika tidak segera di atai dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan. Kita tahu bahwa hemoglobin bertugas untuk mengikat oksigen yang akan di gunakan untuk metabolisme tubuh. Jika seseorang dalam keadaan anemia yang mana hemoglobin (Hb) kurang dari normal akan terjadi gangguan kesehatan mulai dari pusing, mengantuk, pingsan bahkan sampai kematian. Oleh karena itu anemia perlu segera di atasi untuk mencegah gangguan pada kesehatan tubuh.

anda dan gejala anemia antara lain:

Mudah lelah
Lemah
Letih
Lesu
Pucat
Sering mengantuk
Konjuntiva terlihat pucat, cara untuk memeriksa nya adalah dengan menekan kebawah kelopak mata sehingga terlihat bagian dalam, jika warnanya pucat kemungkinan besar sobat menderita anemia.

Beberapa jenis anemia dan penyebabnya :

1. Anemia karena kekurangan zat besi, penyebab anemia jenis ini adalah kekurangan zat besi di tubuh. Sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak akan memproduksi cukup hemoglobin untuk sel darah merah.

2. Anemia karena kekurangan vitamin, sebagai tambahan dari zat besi, tubuh juga membutuhkan folat dan vitamin B-12 untuk menghasilkan cukup sel darah merah. Asupan makanan yang rendah zat tersebut dan nutrisi penting lain dapat menyebabkan penurunan produksi sel darah merah. Sebagai tambahan, beberapa orang tidak dapat dengan efektif menyerap vitamin B-12.

3. Anemia karena penyakit kronis, Penyakit kronis tertentu, contohnya kanker dan HIV/AIDS. Dapat mempengaruhi produksi sel darah merah, menghasilkan anemia kronis. Gagal ginjal juga dapat menyebabkan anemia.

4. Anemia aplastik Jenis ini sangat jarang terjadi dan merupakan kondisi yang mengancam jiwa. Ini disebabkan oleh berkurangnya kemampuan sumsum tulang belakang untuk menghasilkan ketiga jenis sel darah. Penyebabnya tidak diketahui.

5. Anemia yang dihubungkan dengan penyakit sumsum tulang (bone marrow disease), kondisi seperti leukemia dan myelodysplasia dapat menyebabkan anemia yang menyebabkan produksi darah di sumsum tulang belakang berkurang.

6. Anemia hemolitik, Ini terjadi ketika sel darah merah hancur lebih cepat dan sumsum tulang belakang tidak mampu mengimbanginya dengan menghasilkan sel darah merah pengganti. Penyakit tertentu seperti gangguan pada darah dapat menjadi penyebab. Serta gangguan autoimun tubuh dapat menyebabkan tubuh menghasilkan antibodi terhadap sel darah merah sehingga menghancurkan sel darah merah.

7. Anemia sel sabit (sickle cell anemia), Jenis anemia ini disebabkan oleh kecacatan bentuk hemoglobin yang membuat sel darah merah terbentuk seperti sabit. Sel darah merah ini mati secara prematur dan menyebabkan kondisi kronis kurangnya sel darah merah.

8. Anemia lain, Anemia jenis ini berbeda dari yang lain, antara lain thalassemia dan anemia yang disebabkan oleh kecacatan hemoglobin.

makanan yang dapat menghindari anemia:

1. Zat besi, sumber terbaik zat besi ialah daging, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau tua.
2. Asam folat, ditemukan pada buah jeruk, pisang, sayuran berdaun hijau tua, kacang polong
3. Vitamin B12, vitamin ini banyak terdapat pada daging dan produk susu
4. Vitamin C, makanan yang memiliki kandungan vitamin c yaitu jeruk, melon dan dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

Tidak ada komentar