Header Ads

Perlindungan Hewan Langkah

Perlindungan Hewan Langkah

Pembunuhan terhadap binatang kerap terjadi oleh oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari bagian tubuh hewan yang di cari cari oleh orang tertentu.
demikian hal tersebut sering terjadi mengakibatkan kepunuhan berbagai spesies yang seharusnya banyak menjadi terbatas sehingga harus di lindungi oleh Pemerintah dalam suatu negara yang memang hewan tersebut sudah terbatas dan asli berasal dari negara tersebut.

pemburu liar sering melakukan penangkapan secara ilegal secara diam diam tanpa di ketahui oleh pemerintahan bahkan penjaga yang sudah di tugaskan untuk melindungi satwa tersebut. karena kelalaian tersebut membuat hewan semakin berkurang bahkan bisa dihitung yang sebelumnya yang berjumlah ribuan sekarang hanya berjumlah ratusan.

banyak hewan yang di buru oleh pemburu untuk di ambil tulang , gigi, kulit dan lain sebagainya, antara lain hewan  yang sering di buru oleh pemburu adalah

Hewan Darat yang di buru :
- Harimau Sumatera
Harimau tersebut berasal dari Sumatera , Harimau tersebut di bunuh untuk di ambil Giginya , yang di percaya bisa menajdi jimat atau pelindung untuk orang yang menggunakan nyam tetapi kulitnya untuk di jadi kan aksesori seperi jaket , karpet, tas, topi , ataupun menjadi pernak pernik rumah yang  di sebagai pajangan dinding / tubuh harimau yang sudah diawetkan.

- Gajah Sumatera
Gajah Sumatera dibunuh tidak lain hanya untuk Di ambil gadingya, karena gading gajah banyak di cari sebagai hiasan pajangan dalam dinding , dan kulit dan dagingnya di ada yang di jual ke luar negeri bagi yang mengingikan tetapi jika tidak ada peminat akan di biarkan begitu saja membusuk.


- Badak bercula satu
Badak bercula satu termasuk salah satu hewan langka yang banyak di buru , badak di buru untuk di ambil cula nya. waktu demi waktu sepesies badak tersebut sudah semakin berkurang dan di buru terus menerus untuk itu pemerintah bekerja sama dengan margasatwa untuk menjaga dan melestarikan populasi badak bercula satu agar tidak punah dan masih dapat di kenal oleh manusia.

-Singa
Singa di buru juga oleh pemburu karena singa di lambangkan sebagai raja hutan yang di takuti oleh hewan lain, singa di buru untuk diambil kulitnya dan bulu nya yang tebal di sekitar daerah kepala sangat banyak diinginkan pembeli karena jika di oleh dan menjadi barang yang bisa di gunakan dijual dengan kualitas tinggi bisa menghasilkan uang yang banyak

- Komodo
Komodo di percaya sebagai salah satu hewan purba yang masih hidup sampe sekarang, komodo di anggap sudah ada sejak zaman dinosaurus dan zaman manusia purba / zaman batu.  komodo di kaitkan punya nenek moyang dari cicak , kadal . namun ukuran komodo tergolong besar dan berkaki empat tetapi tidak bisa merayap seperti cicak. namun komodo memiliki racun berbahaya dari air liurnya apa bila tergigit, racun tersebut bisa membuat seseorang mati. jumlah komodo sekarang semakin merosot jauh sehingga pengawasan terhadap hewan tersebut sangat ketat.  Komodo hanya bisa di jumpai di Indonesia, Nusa Tenggara Timur  di pulau Komodo dan pastinya sudah di jaga oleh pemerintah dan penduduk lokal sana.


- Orang utan
orang utan di katakan hewan yang di lindungi karena orang utan di tangkap di jadikan peliharaan karena yang ktia ketahui orang utan hidup berkelompok, orang utan di bunuh juga karena mengganggu atau merusak daerah ladang pemukiman warga , namun kematian orang utan yang banyak terjadi saat oknum tertentu melakukan penebangan liar atau pembakaran hutan yang mengakibatkan orang utan terbunuh dalam jumlah banyak. untuk itu saat ini orang utan sangat di lindungi juga oleh pemerintah

Sekarang pemerintah sudah menyediakan Margasatwa untuk melindungi binatang yang di buru, pemerintah memindahkan beberapa hewan lalu di kumpulkan di marga satwa untuk di jaga kelestarian hidup mereka dengan penjagaan yang sangat ketat namum pemerintah memberikan pengunjung untuk masyarakat yang ingin berkunjung untuk melihat hewan hewan tersebut.

bukan itu saja hewan yang di lindungi, masih banyak lagi pastinya.

Tidak ada komentar