Header Ads

Penyebab Lidah Putih

Penyebab Lidah Putih


1. Oral Lichen Planus

Kondisi seperti ini sebaiknya tidak diremehkan karena ini menyangkut adanya gangguan yang terjadi pada sistem daya tahan tubuh Anda secara jangka panjang sehingga timbul bercak dan garis-garis putih di lidah dan bagian dalam mulut. Ciri-ciri bila Anda menderita penyakit ini, rasanya akan seperti terbakar di bagian mulut dan lidah, tak nyaman, perih, nyeri dan gusi akan memerah. Lapisan mulut pun akan terasa sakit yang bukan termasuk kasus ringan.

Memang penyakit ini akan sembuh tanpa harus diobati secara medis karena bahkan dokter saja kerap tidak tahu penyebab dari kondisi ini. Kondisi seperti ini bisa terjadi ketika kebersihan mulut tidak terjaga, berikut juga gigi, lidah dan gusi yang tak terawat. Merokok pun bisa membuat risiko iritasi meningkat, sehingga sangat dianjurkan untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut.

2. Leukoplakia

Penyebab lidah putih bisa juga karena adanya penyakit leukoplakia di mana bercak-bercak putih terbentuk di lidah dan juga mulut. Kemungkinan terjadinya hal ini dikarenakan ada sel serta protein keratin di mulut yang begitu banyak. Walau tidaklah membuat sakit, mustahil untuk menghilangkan bercaknya entah itu dengan mengorek atau menyikatnya. Tidak berbahaya memang, namun jika tak segera ditangani dengan benar, bisa menjadi kanker.

Setelah bertahun-tahun bila Anda mengabaikan bercak putih di lidah maupun bagian dalam mulut bisa berbahaya. Ketika lidah Anda mengalami iritasi, leukoplakia ini bisa terjadi dan biasanya para perokok aktiflah yang mengalami dan menderita kondisi ini. Mereka yang punya kebiasaan minum minuman beralkohol pun juga berpeluang mengalaminya; segera pergi ke dokter apabila sesudah 2 minggu bercak putih tak kunjung hilang.

3. Geographic Tongue

Anda tentu sudah bisa membayangkan bagaimana deskripsi dari kondisi satu ini, yaitu hilangnya papila di permukaan lidah yang kemudian menjadikannya terlihat seperti pulau-pulau merah yang lembut dengan warna putih untuk bagian pinggirnya. Penyebab sesunggunya belumlah diketahui, namun bisa saja ini ada kaitannya dengan kondisi keturunan atau genetik di mana masih ada hubungannya dengan kulit kronis atau psoriasis. Masalah kanker maupun infeksi tidak akan dipicu oleh kondisi ini, tapi kalau merasa tak nyaman dan sensitif akan suatu zat tertentu, segera temui dokter untuk menanganinya.

4. Oral Thrush

Pernah mendengar istilah candidiasis? Inilah kondisi tersebut di mana penyebabnya adalah akumulasi jamur Candida albicans yang tumbuhnya terlalu cepat di bagian mulut. Ciri-ciri dari kondisi ini adalah penderita bakal merasa adanya sensasi perih atau terbakar di bagian lidah diikuti dengan munculnya plak berwarna putih yang bisa juga memerah kadang-kadang. Meski dapat dikerok, rasanya akan sangat sakit dan nyeri.

5. Tifus

Seperti yang kita ketahui, tifus atau tipes adalah penyakit yang juga dikenal dengan sebutan demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang menginfeksi penderitanya. Salah satu cara untuk mengetahui apakah seseorang terkena tifus, biasanya akan dicek dengan melihat bagian lidah. Gejala tipes salah satunya adalah lidah yang berwarna putih secara menyeluruh atau mungkin orang akan menyebutnya sebagai lidah yang memucat.

Tidak ada komentar