Header Ads

Manfaat Dan Dampak Dari Menggunakan Air Conditioner ( AC )

Manfaat Dan Dampak Dari Menggunakan Air Conditioner ( AC )


Air conditioner ( AC ) Sudah di kenal luas oleh masyaraka dunia yang berfungsi sebagai penyejuk ruangan, air conditioner biasa digunakan di rumah dalam ruangan seperti kamar tidur, kamar tamu, kantor. Air conditioner juga di gunakan oleh kantor atau perushaan besar dan mall namun beda Air conditioner yang merka gunakan khusus yang memiliki ukuran lebih besar dan memakan daya listrik yang besar juga , dan bisa beroperasi seharian.

Namun yang kita ketahui penggunaan AC dirasakan sangat nyaman untuk menghilangkan rasa panas dan lelah dengan beristirah di ruangan ber AC , tetapi hal demikian sangat di peringati oleh kedokteran karena juga sangat berpengaruhi untuk kesehatan manusia, Air conditioner sendiri memiliki bahan kimia yang bisa membahayakan manusia apabila terjadi kebocoran pada salah satu komponennya.

Namun kami akan membahas terlebih dahulu Manfaat dari menggunakan Ac untuk Manusia:
- AC memberikan rasa nyaman terhadap manusia.
- AC memberikan rasa refleksi di saat lelah
- AC menghilangkan rasa suhu panas dan dehidrasi pada tubuh, ruangan menjadi dingin pada ruangan tersebut
- AC mengharumkan di ruangan apabila di lengkapi dengan pewangi ruangan
- AC dapat menyaring udara yang di dalam ruangan lalu di saring bakteri atau virus virus kemudian di keluarkan udara yang lebih segar dan dingin


Dampak menggunakan AC bagi kesehatan manusia :

- AC bisa mengkabitkan Kekeraingan pada kulit tubuh jika terlalu lama di dalam ruangan ber AC

- AC juga membuat kita tidak merasa panas sehingga kulit tidak mengeluarkan keringat melainkan ginjal yang bekerja sehingga mengeluarkannya melalui buang air kecil

- Penggunaan AC yang berlebihan juga mengganggu pernafasan kita apa bila di dalam ruangan terdapat banyak debu, maka debu yang beterbangan sehingga tanpa di sengaja di hisap oleh manusia , bisa mengakibatkan asma , alergi , bahkan gangguan pernafasan lainya.

Dampak AC bagi lingkungan sekitar :

AC memiliki komponen - komponen yang pastinya berbahan dari bahan kimia, Ac juga di katakan sebagai alat yang tidak ramah lingkungan, mengapa demikian?

AC menggunakan Freon atau CFC yang di ketahui banyak orang,  yang di ketahui bahan tersebut merupakan bahan yang bisa menyebabkan penipisan pada lapisan ozon dan AC juga bukan hanya di gunakan dalam Skala kecil melainkan Telah di pakai oleh seluruh masyarakat dunia dari rumah hingga mall besar dan perkantoran raksasa dengan berbeda ukuran.




AC juga menggunakan sumber daya listrik yang sangat besar karena dalam perancangannya dalam penggunaan AC minimal untuk menggunakan listrik 800 - 900 watt bagi pengguna AC di rumah , bagaimana dengan yang di kantor dan mall besar pastinya menggunakan lebih banyak lagi.

Namun sekarang perkembangan teknologi air conditioner sudah semakin canggih sehingga bisa meminimalisirkan penggunaan Freon , penelitian baru yang dilakukan berusaha untuk membuat AC menjadi bahan yang ramah lingkungan untuk penggunaan, tampa harus membuat kerusakan bagi dunia, meskupun dampak dalam hal tersebut masih ada tetapi bisa mengurangi penipisan lapisan ozon dalam skala besar, dan juga sebagai alat penghemat energi tanpa harus menggunakan daya listrik yang yang besar untuk mengoperasikan Air conditioner tersebut.

Namun tetapi di peringatkan tentang kesehatan tubuh manusia, boleh menggunakan Air conditioner tetapi tetap ada batasannya karena dampak untuk tubuh manusia tetap dirasakan tidak bisa meminimalisirkan karena bahan yang di gunakan masih tetap sama.

Tidak ada komentar