Header Ads

Bahayanya Konsumsi Makanan Pakai Bungkus Kertas Koran

Bahayanya Konsumsi Makanan Pakai Bungkus Kertas Koran

Menurut Safety and Standard Authority of India (FSSAI), pembungkus makanan dari koran dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Tinta koran mengandung beberapa bahan bioaktif yang diketahui berefek negatif bagi kesehatan.

"Membungkus makanan dengan kertas koran merupakan praktek yang tidak sehat dan mengonsumsi makanan tersebut jadi berbahaya bagi kesehatan walaupun telah dimasak secara higienis," jelas FSSAI.

Mempengaruhi hormon

Tinta koran bisa mempengaruhi fungsi hormonal yang pada gilirannya akan mengganggu kesehatan tubuh.

Menyebabkan masalah pencernaan

Ini merupakan dampak yang paling sering dirasakan orang-orang setelah mengkonsumsinya. Diisobutil phthalate atau kandungan bahan kimia dalam tinta koranlah yang menjadi penyebabnya.

Mempengaruhi kesuburan

Kandungan tinta koran bisa memberikan masalah yang serius pada reproduksi para wanita. Selain wanita, makanan yang dibungkus dengan kertas koran juga tidak baik untuk anak-anak. Sebab dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh anak.

Menyebabkan penyakit kandung kemih dan kanker

Dampak bahaya yang terakhir ini adalah dampak yang paling mengerikan.

Perlu diketahui, tinta koran mengandung bahan kimia yang ketika menempel di makanan bisa menyebabkan masalah kesehatan parah seperti penyakit kandung kemih hingga kanker paru-paru.

Tidak ada komentar