Header Ads

Kandungan Gizi Tempe Dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Tempe Dan Manfaatnya

Tempe dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan jamur Rhizopus oligosporus. Menurut penelitian terbaru, kandungan gizi tempe disejajarkan dengan kandungan gizi yang ada pada yogurt. Tempe merupakan sumber protein nabati. Mengandung serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Kandungan antibiotika dan antioksidan di dalamnya dapat menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif.

Sebagai sumber protein

Pastikan anda selalu melengkapi menu harian makanan dengan memasukan tempe sebagai pelengkap hidangan anda yang bermanfaat untuk meningkatkan asupan protein. Tempe memiliki kandungan protein yang berkualitas tinggi dan asam amino yang diperlukan oleh tubuh. protein tersebut berperan dalam membantu dalam mempertahankan jaringan otot serta membuat enzim  yang berguna untuk kebutuhan sel.

Dapat Membantu dalam proses metabolisme tubuh

Kandungan Riboflavin (vitamin B2) dan niacin (vitamin B3) dalam tempe berpera penting dalam proses metabolisme tubuh. riboflavon berguna bagi kesehatan mata dan kulit, sedangkan kadnungan niacin sendiri berguna dalam membantun pengontrolan nafsu makan.

Memiliki kandungan antibiotik natural

Jamur rhizopus dalam tempe dapat membroduksi antibiotok alamy yang berperan dalam mencegah terjangkitnya infeksi penyakit diare serta disentri.

Ramah dikonsumsi bagi penderita diabetes

Kandungan protein dalam tempe sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Protein dalam tempe juga dapat berperan dalam mencegah naiknya kadar tekanan darah sekaligus menjaga gula darah agar tetap terkontrol.

Tinggi akan kandungan kalsium

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Kuala lumpur menemukan bahwa kandungan yang ada dalam 4 buah tempe tersebut sama dengan kalsium pada susu sapi.

Mudah untuk dicerna

Tempe memiliki kandungan yang kaya akan serat yang berperan dalam membantu melancarkan proses pencernaan serta dapat mencegah timbulkan berbagai jenis penyakit kronis.

Baik bagi orang yang sedang diet rendah garam

Kandungan sodium pada tempe memang sangat berbeda bila dibandingakan dengan jenis makanan fermentasi lain pada kedelai seperti misoa yang identik dengan rasa sangat asin.

Membantu dalam mengurangi resiko terjangkitnya penyakit jantung dan kolesterol

Kandungan isoflavon berperan dalam membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu kandungan niacin dan lemak tak jenuh berfungsi dalam membantu menurunkan kolesterol jahat sekaligus dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Dapat menangkal radiasi bebas

Kandungan antioksidan isoflavon memiliki peran yang baik dalam melawan serangan radikal bebas, selain itu antibiotik juga berperan dalam mencegah serangan berbagai peneyakit degenerarif.

Tidak ada komentar