Header Ads

Memperebutkan Tiket Sisa ke Babak 16 Besar di Matchday Terakhir

Memperebutkan Tiket Sisa ke Babak 16 Besar di Matchday Terakhir


Jakarta - Total 12 tim sudah memastikan tempat di babak 16 besar Liga Champions. Tujuh tim lain akan memperebutkan tempat tersisa di matchday terakhir, matchday terakhir.

Sampai dengan matchday lima lalu telah lolos Atletico Madrid (juara grup), Barcelona (juara grup), Leicester City (juara grup), Monaco (juara grup), Arsenal, Bayer Leverkusen, Bayern Munich, Borussia Dortmund, Juventus, Manchester City, Paris Saint-Germain, dan Real Madrid.

Empat tiket tersisa bakal diperebutkan tengah pekan ini. Ada tujuh tim yang akan memperebutkannya, yakni Benfica, Besiktas, FC Copenhagen, Lyon, Napoli, Porto, dan Sevilla.

Untuk matchday 6 tengah pekan ini, Grup A sampai dengan Grup D akan tampil lebih dulu pada 6 Desember waktu setempat, alias Rabu (7/12/2016) dinihari WIB. Berikut situasi masing-masing grup menurut UEFA.com.

Grup A
Basel (2 poin) vs Arsenal (11, sudah lolos)
Paris Saint-Germain (11, sudah lolos) vs Ludogorets Razgrad (2)

- PSG punya keunggulan head-to-head atas Arsenal lewat gol tandang sehingga bakal memastikan posisi teratas dengan kemenangan atau asalkan The Gunners tidak melampaui pencapaian poinnya di matchday ini.

- Ludogorets punya keunggulan head-to-head atas Basel lewat gol tandang sehingga bakal memastikan posisi tiga dengan kemenangan. Basel perlu meraih poin lebih banyak dari Ludogorets atau bakal finis keempat.

Grup B
Dynamo Kyiv (2) vs Besiktas (7)
Benfica (8) vs Napoli (8)

- Napoli mengalahkan Benfica pada matchday dua sehingga sudah akan lolos dengan hasil seri. Siapa pun yang memenangi duel itu akan lolos di posisi pertama dan kedua tim bakal sama-sama lolos jika Besiktas kalah.

- Besiktas akan lolos dengan kemenangan dan bakal memuncaki grup jika partai lain berakhir seri. Jika Besiktas bermain seri maka mereka cuma bisa lolos kalau Napoli kalah, mengingat Benfica punya keunggulan head-to-head atas klub Turku itu--tak seperti si wakil Serie A.

- Dynamo Kiev dipastikan finis keempat.

Grup C
Manchester City (8, sudah lolos) vs Celtic (2)
Barcelona (12, sudah lolos) vs Borussia Moenchengladbach (5)

Posisinya sudah dipastikan: Barcelona pertama, City kedua, Gladbach ketiga, Celtic keempat.

Grup D
PSV Eindhoven (1) vs Rostov (4)
Bayern Munich (9, sudah lolos) vs Atletico Madrid (15, sudah lolos)

- Atletico sudah menjuarai grup ini dengan Bayern di posisi dua.

- PSV mesti mengalahkan Rostov untuk menyalip mereka ke tempat ketiga.


Setelah itu giliran rangkaian pertandingan Grup E sampai dengan Grup H yang dimainkan pada 7 Desember waktu setempat, alias Kamis (8/12/2016) dinihari WIB. Berikut situasi masing-masing grup menurut UEFA.com.

Grup E
Bayer Leverkusen (7, sudah lolos) vs Monaco (11, sudah lolos)
Tottenham Hotspur (4) vs CSKA Moskow (3)

- Monaco sudah menjuarai grup dengan Leverkusen kedua.

- CSKA harus mengalahkan Spurs untuk finis ketiga.

Grup F
Real Madrid (11, sudah lolos) vs Borussia Dortmund (13, sudah lolos)
Legia Warszawa (1) vs Sporting CP (3)

- Madrid butuh kemenangan lawan Dortmund untuk menjuarai grup.

- Legia harus bisa mengalahkan Sporting untuk memenangi perebutan posisi tiga.

Grup G
Porto (8) vs Leicester City (13, sudah lolos)
Club Brugge (0) vs FC Copenhagen (6)

- Leicester sudah menjuarai grup ini.

- FC Copenhagen memiliki keunggulan head-to-head atas Porto berkat gol tandang sehingga akan finis kedua jika mereka menang dan Porto tidak.

- Brugge dipastikan finis keempat.

Grup H
Lyon (7) vs Sevilla (10)
Juventus (11, sudah lolos) vs Dinamo Zagreb (0)

- Juve sudah lolos dan akan memuncaki grupnya jika menang atau kalau Sevilla tidak menang (berkat keunggulan head-to head Juve).

- Lyon harus mengatasi Sevilla dengan keunggulan dua gol atau lebih demi bisa meraih posisi dua. Sevilla menang 1-0 di kandang sendiri dalam duel ini sehingga Lyon harus menang dengan skor lebih baik untuk bisa finis di atas tamunya nanti. Skor 1-0, atau kemenangan lain dengan selisih satu gol, takkan cukup buat Lyon karena Sevilla akan punya keunggulan selisih gol di seluruh pertandingan grup.

- Dinamo dipastikan finis keempat.

Tidak ada komentar