Header Ads

Binatang kecil Cantik Tapi Beracun

Binatang kecil Cantik Tapi Beracun

1. Kupu-Kupu Monarki

Hewan cantik yang pertama adalah kupu-kupu monarki. Sobat unik meskipun kupu-kupu yang satu ini dikenal dengan keindahan warna dan motifnya, tetapi dibalik kecantikkannya itu ia menyimpan potensi bahaya. Dengan motif dan warna yang mencolok oranye, hitam dan putih di kedua sayapnya, sebenarnya merupakan sebuah peringatan bagi yang mencoba mengganggunya. Kupu-kupu monarki memiliki racun yang mematikan di balik sayapnya, dari hasil sebuah penelitian racun yang dimilikinya mengandung cardenolide kadar tinggi.

2. Siput Marble Cone


Sobat unik jangan tertipu dengan siput cantik yang satu ini, dan jangan coba mempermainkannya. Hewan laut yang gemar berada di perairan dangkal ini dikenal dengan nama siput marble cone memiliki racun yang berbahaya bagi siapapun. Sobat unik bayangkan saja, satu tetes racun yang dimilikinya mampu membunuh 20 orang. Gejala racun yang ditimbulkan kepada manusia adalah mati rasa, kesemutan, bengkak, namun yang paling fatal adalah kematian yang sebelumnya terjadi sesak nafas, kelumpuhan otot dan gangguan penglihatan. Meskipun sekarang telah ditemukan penawar racun sipu marble cone, namun Sobat Unik lebih baik menghindari untuk bersentuhan dengannya.

3. Ulat Badut Pemalas


Ulat badut pemalas ini berbeda dengan ulat pada umumnya, ia mendiami kawasan hutan tropis Amazon. Ulat yang memiliki nama latin Obliqua Lonomia memiliki racun yang mematikan dan dapat menyebabkan kematian pada manusia. Ulat ini memiliki cara yang unik untuk menyebarkan racun di dalam tumbuh, ia akan mematikan jaringan peredaran manusia dengan cara menggumpalkan sel darah merah. Akibatnya korban akan kehilangan tekanan darah dengan cepat, hingga akhirnya menyebabkan kematian. Racunnya 1000 kali lebih kuat dari gigitan ular berbisa biasa.

4. Gurita Lingkaran Biru


Ukurannya hanya sebesar bola ping pong, warnanya pun menarik, namun dibalik semua itu gurita lingkaran biru memiliki potensi yang mematikan. Hewan ini dinamai gurita lingkaran biru, nama yang merujuk pada corak bulatan berwarna biru yang ada di tubuhnya. Meskipun gurita ini lebih cantik dibandingkan dengan jenis lainnya, ia menyimpan racun yang mematikan. Satu tetes racunnya bisa membunuh 26 orang sekaligus. Gigitan awal yang disengatkan tidaklah mematikan, namun dalam 10 menit kemudian korban akan merasakan sakit luar biasa seperti mual dan muntah, lumpuh hingga akhirnya kematian.

5. Burung Hooded Pitohui


Hewan yang cantik ini termasuk dalam keluarga unggas, namanya burung hooded pitohui mendiami kawasan hutan di Papua Nugini. Burung hooded pitohoui memiliki racun yang disimpan dibagian bulu sayap dan kulitnya. Uniknya, racun yang dimilikinya berasal dari kumbang yang mengandung neurotoxin dan alkaloid. Kedua kandungan tersebut hampir sama dengan batratoxin yang terdapat kulit katak beracun. Untuk itu burung hooded ini sangat berbahaya jika tersentuh oleh manusia dan hewan predator lainnya.




Tidak ada komentar