Header Ads

Berikut beberapa Manfaat Ginseng bagi kesehatan

Berikut beberapa Manfaa
Ginseng bagi kesehatan 
1. Mengurangi stres

Ginseng dapat meningkatkan kewaspadaan mental, meningkatkan suasana hati dan meredakan kelelahan. Manfaat lainnya adalah digunakan sebagai ramuan antidepresan dan anti stres. Ketika seseorang sedang mengalami stres yang berlebihan, hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan terpicu dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi ini, ginseng dapat membantu untuk menyeimbangkan tingkat adrenalin.

2. Merangsang sistem kekebalan tubuh dan saraf

Ginseng dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa ahli jamu herbal mengatakan jamu ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup. Sifat adaptogenik dari ginseng dapat membantu orang agar tetap awet muda. Sementara itu pada orang tua, ginseng bisa memulihkan sel yang rusak dalam tubuh. Ginseng juga dapat membantu melawan flu dan penyakit menular lainnya.


3. Mengobati diabetes

Kadar gula darah dapat turun secara drastis dengan meminum ramuan  ginseng. Namun, jika Anda sudah menggunakan obat anti diabetes, tidak menggunakannya secara bersamaan dengan ginseng. Karena ginseng yang dicampur dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah turun terlalu rendah. Oleh karena itu, minta rekomendasi yang diperlukan dari dokter.

4. Mencegah perkembangan kanker

Pertumbuhan beberapa jenis sel kanker dapat dihambat oleh ginseng. Journal Pengobatan Cina melaporkan, ginsenosides memiliki efek anti-tumor dan dapat menyebabkan kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel adenokarsinoma paru-paru dan sel-sel neuroblastoma. Selain itu, ginseng juga bisa bertindak untuk menghambat perkembangan siklus sel, yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Dalam beberapa studi menemukan, bahwa Ginseng menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang terkandung dalam ginseng inilah yang bertindak menurunkan kolesterol dalam tubuh.

6. Mengurangi Kelelahan

Peran adaptogenik dari strain yang berbeda dari Ginseng diyakini bisa membuat perubahan fisiologis dalam tubuh untuk beradaptasi dengan kelelahan karena terlalu banyak bekerja.

Tidak ada komentar