Header Ads

Dampak Akibat Tidak melakukan pencegahan terhadap lingkungan dan penyakit dari musim penghujan

Dampak Akibat Tidak Melakukan Pencegahan Terhadap Lingkungan Dan Penyakit Dari Musim Penghujan


Sekarang wabah penyakit mulai menyebar keseluruh dunia , itu karena kurangnya pengawasan lingkungan yang kotor dan tidak bersih oleh masyarakat untuk itu pemerintah yang memerhatikan masyarakat dalam kesehatannya untuk menjaga kebersihan bersama agar terhindar dari penyakit apa lagi sangat rentan terkena anak anak balita yang masih belum memiliki kekebalan tubuh layaknya orang dewasa.

untuk itu pemerintah membuat peraturan dalam kebersihan lingkungan dan guna mencegah banjir atau kerusakan lingkungan dan pasti nya sudah berlaku di negeri eropa antara lain.

Namun INDONESIA sudah menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan, karena masyarakat dan pemerintah telah sudah belajar dari kesalahan yang dulu pernah terjadi yang banyak membunuh masyarakat , antara lain upaya pemerintah INDONESIA  yaitu :

1. Upaya mencegah banjir dari masyarakat yang tidak menyadari akan bahayanya membuang sampah sembarangan di saluran air, sehingga membuat peraturan kebersihan bagi yang membuang sampah sembarang dan tidak menjaga lingkungan akan di kenakan denda peraturan tersebut telah di tetapkan di negeri malaysia, inggris, eropa, termasuk INDONESIA dan negara lainnya. Namun masih banyak negara yang masyarakatnya belum menyadarinya akan bahaya dampak tersebut

2. Bukan cuman itu juga, jika di musim penghujan sampah yang bertumpuk bisa menimbulkan bakteri atau virus atau nyamuk, dan kita sendiri tau sampah itu jorok, dan bau tempat kuman dan bakteri berkumpul untuk itu pemerintah mengajak masyarak untuk menjaga lingkungan agar masyarakat lebih sehat, namun yang paling berbahaya adalah munculnya virus baru yang belum diketahui yang bisa mengakibatkan kematian banyak orang.



3. Sulitnya untuk mendapatkan air bersih jika di saat musim hujan karena air bersih tercemar oleh air kotor yang tertumpuk oleh sampah sehingga bakteri semua berkumpul, hal demikian biasa terjadi di desa atau pedalaman yang jauh dari kota yang kurang dari perhatian pemerintah, sehingga banyak sekali orang orang desa lebih rentan sakit apalagi untuk anak anak dan orang lanjut usia.

kurang nya air bersih juga mempengaruhi kesehatan seperti diare dan infeksi kulit atau penyakit kulit hal tersebut paling sering dialami di saat banjir. infeksi kulit bisa terjadi di mana saja karena tidak melakukan pembersihan pada kulit yang terkena air yang kotor sehingga bakteri yang menempel di kulit di biarkan semakin lama sehingga mengakibatkan gatal gatal, panuan, DLL

Namun sekarang pemerintah telah menyediakan pasukan air bersih bagi desa desa yang jauh dari kota dan juga fasilitas kesehatan yang juga lebih memadai sehingga penduduk desa bisa lebih aman dan sehat.


4. Barang bekas atau alat alat yang tidak berguna di anjurkan oleh pemerintah lebih baik di Timbun di tanah dari pada di biarkan begitu saja karena bisa sebagai sarang serangga , apa lagi di saat hujan tempat pengembang biakan nyamuk seperti nyamuk aedes aegypti, yang sebelumnya kita ketahui telah membunuh banyak orang karena sepele dengan gejala awalnya, meskipun  demikia penyakit yang di tularkan tersebut sudah di temukan obatnya tetapi bukan bearti kita tidak waspada, malah harus lebih extra hati hati, lebih baik menjaga dari pada mengobati.

Sekarang virus dan bakteri mulai berevolusi juga di pengaruh oleh iklim dunia yang sering berubah ubah sehingga, pemerintah berupaya menemukan vaksin atau penawar terhadap virus dan bakteri tersebut.

Tidak ada komentar