Header Ads

Gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala Penyakit Usus Buntu



Usus buntu yang juga memiliki nama apendix ini secara normal terletak di bagian perut kanan bawah, penyakit usus buntu terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan, atau dalam istilah medis disebut Apendisitis. Ketika terjadi radang, usus buntu akan membengkak, penuh dengan nanah yang terdiri dari bakteri dan sel-sel mati sebagai akibat dari infeksi.

Jika penyakit radang usus buntu tidak diobati, maka usus buntu bisa semakin membengkak dan akhirnya bisa pecah (meledak), dan membuat isinya menyebar ke seluruh rongga perut sehingga berpotensi menyebabkan infeksi yang luas dan mengancam nyawa.

Sakit Perut Kanan Bawah Ini

merupakan gejala usus buntu yang paling utama, biasanya sakit perut awalnya dirasakan pada daerah sekitar pusar lalu berpindah ke perut kanan bawah. Sakit perut akan terasa lebih sakit saat berjalan, menggerakkan perut, saat batuk, bersin, atau ketika mengalami guncangan saat naik kendaran di jalan jelek.


Badan Panas atau Demam Ringan

Gejala dan tanda usus buntu bisa mirip dengan penyakit lainnya yaitu demam atau meriyang. Jadi, ketika mengalami sakit perut seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahkan sampai tidak bisa berdiri tegak, dan Anda mengalami demam, maka bisa jadi itu merupakan ciri-ciri usus buntu Anda sedang meradang.

Mual, Muntah, Tidak Nafsu Makan

Ini juga merupakan gejala yang sering saya temui, tidak nafsu makan, rasa mual dan muntah ringan biasanya terjadi di awal bahkan sebelum adanya rasa sakit di perut. Muntah akan lebih intens ketika sakit perut datang dan gejala semakin memburuk.

Sembelit atau Diare

Seperti ciri-ciri adanya masalah pada pencernaan lainnya, ini bisa tidak begitu parah dan mungkin akan terjadi setelah mengalami sakit perut. Tapi jika Anda mengalami diare ringan, terutama jika ada banyak lendir di dalam feses, dan disertai sakit perut kanan bawah, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan adanya radang usus buntu atau tidak.

Nyeri Lepas Tekan

Ini merupakan salah satu dari sekian banyak tanda-tanda usus buntu yang bisa kita lihat melalui pemeriksaan. Maksud dari nyeri lepas tekan adalah ketika kita menekan perut memang terasa sakit tapi ketika tekanan itu kita lepas, maka sketika akan terasa lebih sakit. Jika kita dapati tanda seperti itu maka kita sebut nyeri lepas tekan (+). Sebaiknya ini dilakukan oleh dokter saja, tidak dilakukan sendiri karena dikhawatirkan akan memperberat kondisi.

Tidak ada komentar