Header Ads

Dampak Buruk Video Game Pada Anak

Dampak Buruk Video Game Pada Anak

Anak Anak yang  sudah  bisa aktif dalam hal apapun pasti akan sangat sibuk dengan aktifitas nya sendiri, demi meningkatkan kreatifitas si anak dalam berkreasi, anak di jaman sekarang anak sudah sangat kreatif dan aktif selalu ingin mencoba hal hal baru yang belum di lakukannya, namun akibat dari aktif anak tersebut membuat orang tua sibuk dalam menjaga anak tersebut.

Anak anak sekarang di biarkan oleh orang tua untuk bermain game melalui handphone ataupun komputer , agar anak  tersebut dapat menyibukan diri saat orang tua melakukan aktifitasnya, namun apa yang belum orang tua ketahui akan dampak dari bermain video game bagi anak anak yang hanya bisa sibuk dengan aktifitas tersebut tanpa mengenal  waktu.


Dampak buruk bermain video game bagi  anak anak secara fisik maupun psikologisnya :

- Video game bisa mempengaruhi penglihatan pada anak anak, karena jarak yang di pandang anak  anak di sertai gambar dan kualitas cahaya yang sangat terang bisa mempengaruh penglihatan anak , gangguan penglihatan pada anak akibat bermain video game yakni : mata rabun ( rabun jauh atau dekat ) , mata menjadi minus , dan juga tidak bisa bertahan lama saat terkena cahaya , mata menjadi silau.

- Video game pada anak harus di pantau atau  di jaga karena video game juga ada unsur kekerasan yang belum cocok untuk di mainkan anak anak karena dapat membuat anak  meniru adegan ataupun mempengaruhi sikap si anak juga dalam kehidupan sehari harinya dalam bergaul pada usia anak seumurnya.

- Video game juga memberikan dampak buruk bagi anak dalam hal sikap dan perilaku , karena anak yang sedang dalam proses pertumbuhan dalam pembentukan perilaku dan sikap itu sangat berpengaruh , apabila anak mengikuti atau menirukan apapun yang telah di mainkannya dalam video game yang mengandung unsur kekerasan jangan heran atas sikap tersebut karena dia yang mempelajari dan masuk ke dalam otak nya tersebut langsung di praktekan dalam aktifitas sehari hari nya dan  juga bisa membuat si anak berperilaku menjadi agresif atau dengan kata lain nakal / bandel.

- Anak yang sudah tercandu game biasa nya tidak  dapat mengontrol diri sendiri karena , hal yang di pikirkannya hanya untuk bermain game tanpa rasa lelah sama sekali , karena sudah menjadi kesibukannya untuk melewati hari hari sehingga tidak  dapat mengatur waktunya sendiri.

- Anak yang sering bermain game sudah lupa akan kegiatan lainnya halnya layakna seperti anak anak lain pada umumnya yang sibuk bermain bersama orang tua atau pun permainan yang mengasah otak agar kreatifitas dan imajinasi anak tersebut bertambah.



- Video game membuat anak anak menjadi lebih pendiam atau mengasingkan diri karena anak  tersebut hanya berfokus pada gamenya sehingga mengabaikan sekitarnya, dan apa pun yang terjadi anak  tersebut akan bermain game dan tidak boleh di ganggu.

- Gangguan  pada kesehatan pada anak antara lain , gangguan tidur, gangguan leher , punggung menjadi bungkuk, penglihatan.

- Daya pikir pada si anak akan berkurang , dan juga imajinasi maupun kreatifitas anak akan terhambat akibat dari bermain video gamenya.

Untuk itu orang tua di sarankan selalu mengawasi  anak  anaknya dalam  bermain video  game , karena video game juga mempunyai dampak buruk bagi si anak untuk proses pertumbuhannya apa bila di biarkan secara terus menerus dari perilaku, karakter , sikap ,dan watak si anak  tersebut.

Kedua orang tua berperan penting dalam pertumbuhan anaknya, apabila anak tersebut tidak di jaga baik maka anak tersebut akan mempunyai sikap yang buruk dan juga kesehatan yang buruk

Tidak ada komentar