Header Ads

Sampah Sumber Kerusakan Lingkungan

Sampah Sumber Kerusakan Lingkungan


Kehidupan di zaman modern , usaha dalam bidang makanan dan industri makanan ringan snack sudah banyak di pasarkan dan banyak peminat dalam  masyarakat yang menjadi kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan makan, sudah  menjadi alasan utamnya.

kerap makanan yang di jual baik di sajikan maupun dalam kemasan plastik untuk menjaga keawetan makanan yang di produksi industri. namun yang menjadi dampak buruk nya adalah sampah plastik atau pun sisa makanan yang tidak ramah  lingkungan untuk sekitarnya membuat menjadi salah satu hal yang sangat di khawatirkan karena bisa berdampak buruk , baik bagi lingkungan, kesehatan, maupun keseimbangan alam.

hanya dari sampah plastik saja untuk proses penghancuran membutuhkan waktu sekitar 1000 thun untuk menghancurkannya dimakan oleh bakteri dan berubah terurai atau pun terpecah pecah.


Sampah pelastik untuk lingkungan  bisa mencemari air, tanah , maupun di udara, karena plastik di sana bisa menghalangi tanah dalam  mersepai air dan juga cahaya sinar matahari untuk membuat tanah kurang subur, dan juga bisa mengakibatkan banjir apa bila sampah tertumpuk pada saluran air seloka maupun saluran air lainnya, baik sungai maupun daerah resapan air.

Setiap hari nya produksi sampah plastik oleh masyarakat yang tidak di gunakan lagi dan menurut survey untuk total keseluruhan sampah yang di gabung dari smua hal yang tidak berguna baik plastik, kayu ,prabotan maupun kaca sekitar ada 7000 ton sampah yang setiap hari di angkut dari seleruh tempat.

Bisa bayang kan jumlah sampah yang menghitung ton apa bila di kumpulkan dalam bertahun tahun sudah bisa menjadi sebuah pulau ataupun gunung sampah, dan buat semua orang harus tau dampak buruk yang berbahaya dari sampah tersebut.

-Sampah yang di produksi dalam jumlah banyak setiap hari nya apa bila tidak di bersihkan atau pun di angkut di biarkan begitu saja di tempat tersebut , di sertai terkena air hujan dan panas akan menghasilkan bau yang sangat tidak sedap, di sertai juga memancing serangga seperti lalat dan nyamuk untuk berkembang biak disampah tersebut di karenakan lembab sebagai tempat untuk berkembang biak untuk lalat dan nyamuk, di samping itu sampah juga bisa  mempengaruhi kesehatan bagi manusia seperti, sesak nafas akan baunya, pusing, dan juga penyakit dari serangga sperti lalat dan nyamuk.

- Sampah jika terkena sinar matahari secara terbuka dan di biarkan menumpuk setiap hari dan bertambah terus perhari nya. maka sampah yang terkena paparan sinar matahari yang panas maka sampah yang bertumpuk akan menghasilkan gas atau pun bau dalam jumlah banyak lalu naik keatas mengikuti sirkulasi di udara sehingga mencemari udara menjadi kurang sehat, dan juga gas yang di hasilkan dapat membuat lapisan ozon semakin menipis atau pun jebol sehingga sinar ultra violet panas matahari dapat masuk dan dapat dirasakan dampak akibat tersebut.



Sekarang beberapa sampah sudah bisa di daur ulang menjadi pernak pernik maupun accesori untuk digunakan, bukan itu saja sampah dapat di gunakan sebagai gas untuk kebutuhan rumah tangga sehingga dan pastinya biaya yang di keluarkan juga murah tidak  seperti menggunakan gas alam yang di sediakan pemerintah , banyak cara sekarang untuk mendaur ulang sampah karena sudah terasa dampaknya.

Plastik sekarang sudah menggunakan bahan zat bio yang bisa terurai menjadi tanaman jika terkena tanah, untuk ramah lingkungan dan pastinya penguraian tidak  harus sampai 1000 tahun.

plastik secara bijaksana jangan terlalu boros karna dampak dari hal tersebut sudah di rasakan oleh dunia. jagalah keindahan alam sekitar baik lingkungan sekitar kita.

Tidak ada komentar