Header Ads

Sumber daya energi terbaru untuk Indonesia

Sumber daya energi terbaru untuk Indonesia

Sumber daya energi yang di maksud seperti halnya pembangkit tenaga listrik yang sangat di butuhkan setiap negara, listrik sebagai kebutuhan akan kebutuhan operasional elektronik yang menyeluruh dalam sehari hari untuk dapat berfungsi.

banyak sumber energi yang bisa di manfaat kan oleh indonesia namun 90% tenaga tersebut lebih mengutamakan sumber energi alam yang bisa habis apabila di gunakan secara skala lama apabila tidak segera mencari solusi untuk menganti sumber energi tersebut, sumber energi yang bisa habis dan terbatas seperti minyak bumi, batu bara , dan gas alam . selebihnya 10% hanya memanfaatkan sumber energi yang terbaru.

indonesia di masing masing kepulauan memiliki kelebihan masing masing sumber daya alamnya sepertihalnya memanfaatkan tenaga sinar matahari, Indonesia di kenal dengan 2 musim yakni hujan dan panas. di saat musim panas suhu di indonesia kurang lebih 34 derajat celcius. beberapa alat di kota kota besar , seperti lampu jalan memanfaatkan sinar ultaviolet sebagai sumber energi dan ada juga beberapa rumah yang menggunakan teknologi sinar ultra violet sebagai sumber listrik untuk menjadi pasokan tenaga.

di beberapa tempat yang menggunakan sumber energi matahari yakni, di  bali dan Nusa Tenggara Timur

Namun hal tersebut belum di terapkan sebagai salah satu sumber inti untuk menjadi tenaga listrik untuk kota kota besar yang membutuhkan banyak pasokan listrik agar dapat menyebar ke seluruh kota.

Indonesia kaya sumber daya laut yang bisa di manfaatkan , sumber energi listrik juga bisa di hasilkan dari air laut di karena tekanan dorongan pada gelombang air laut yang kuat dapat memutar turbis mesin untuk menghasilkan energi sehingga dapat  menghasilkan energi listrik, di indonesia laut belom menjadi energi terbaru yang di manfaat kan tetapi di negara negara lainnya seperti halnya china telah berhasil memanfaat energi terbaru dari air laut.

Di indonesia masih dalam tahap penelitian dan percobaan kecil menggunakan aliran sungai namun, percobaan tersebut berhasil menghasilkan energi untuk menghidup kan kipas dan lampu ,termasuk beberapa elektronik lainnya. untuk tahap perkembangan yang bisa di gunakan oleh beberapa rumah masih dalam percobaan juga namun belum membuahi hasil yang di inginkan.

Berbeda dengan hal nya angin yang di ketahui sebagai sumber energi yang tanpa batas, negara yang di ketahui sudah memanfaatkan energi angin antara lain halnya belanda, negara tersebut di kenal sebagai jalur angin yang memiliki kecepata rata rata 60 km'/jam sehingga dapat memutar turbin kipas yang menjadi penghantar listrik tersebut sehingga dapat menghasilkan listrik dalam jumlah banyak dan dapat memenuhi pemasokan listrik di kota kota besar.

beda halnya negera indonesia. di kota yogyakarta pembangkit listrik tenaga angin juga di manfaat kan sebagai sumber energi terbaru namun di gunakan bukan di kota besar yogyakarta melainkan di desa yang dekat dengan pinggiran pantai di karenakan angin yang kencang dapat memutar turbin mesin kipas sehingga mampu menghasilkan energi listrik pemakit listrik tersebut di namakan sebagai pembankit listrik tenaga bayu (PLTBayu)

namun pemerintah terus berupaya untuk menggunakan sumber energi terbaru agar dapat menghemat energi alam yang bisa habis dan tersisa namun, membutuhkan untuk menjadikan sumber energi terbaru sebagai energi utama pada kota kota besar karena membutuhkan pengamatan dan penelitian yang akurat akan energi tersebut.

salam sejahtera untuk semuanya semoga negara indonesia dapat maju dan lebih baik lagi dalam pengolahan sumber daya alamnya

Tidak ada komentar