Header Ads

Gempa Di Sumatera Utara

Gempa Di Sumatera Utara

Gempa yang akhir akhir ini terjadi pada bulan febuari , di provinsi sumatera utara yang terkena dampaknya di kota medan dan sekitarnya, titik gempa yang terjadi di wilayah sekitar brastagi pada dini hari tersebut sekitar pkl 04.50 wib  dengan kekuatan goncangan  yang diperkirakan 4.5 SR sampai dengan 4.7 SR dan  05.03 WIB terjadi gempa susulan dengan kekuatan goncangan berkekuatan berkisar 4.4 SR" yang di infomasikan oleh kepala sub Bidang informasi meterologi BMKG.

BMKG Mengifokan kekuatan gempan dalam skala III  terjadi di wilayah brastagi pada titik gempa di di 3,39 LU dan 97,48 BT  di informasikan dengan kedalaman kurang lebih 10 KM.


Sejauh ini belum ada infomasi resmi dari pihak BMKG akan dampak kerusakan yang terjadi di sekitar wilayah tersebut ataupun informasi apakah gempa tersebut berpotensi tsunami atau tidak, sejauh  ini keadaan masih tergolong aman dan tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut baik di kota medan atau kabanjahe dan sekitarnya.

tetapi tetap di info kan kepada penduduk yang berada di sekitar wilayah baik yang berada jauh dari wilayah tetap waspada dan berhati hati untuk mengantisipasi jika ada guncangan susulan lagi , agar dapat terhindar dari kerusakan yang merugikan secara fisik.

pengertian seputar gempa

Gempa bumi adalah  pergeseran atau pergerakan lempengan kerak bumi yang bergerak secara horizontal maupun vertikal sehingga menciptakan sebuah gelombang getaran ,besar frekuensi getaran tersebut tergantung dari pergerakan lempengan kerak  bumi.

Gempa ada beberapa jenis contohnya :

Gempa bumi tektonik, gempa yang di akibatkan oleh pergerakan lempeng lempeng bumi gempa tersebut bisa terasa dari getaran sangat kecil sampai sangat besar, gempa tersebut  mampu bergerak / di rasakan seluruh penjuruh bumi , dan gempa tersebut lebih banyak menimbulkan kerusakan.

Gempa bumi vulkanik, gempa yang di akibatkan oleh aktivasi oleh magma lahar panas yang biasanya apa bila semakin tinggi tingkat aktif magma tersebut dapat memicu ledakan yang besar bisa di sertakan gempa bumi, namun gempa tersbut biasanya di rasakan di sekitar wilayah  saja , namun dampak seperti abu dapat menyebar ke seleruh penjuru bumi.

Gempa bumi bisa mengakibatkan kerusakan yang parah ataupun kerusakan secara finansial maupun alam, kerugian yang kerap  terjadi antara lain kerusakan bangunan pemukiman, kerusakan jalan raya yang retak atupun berlubang, dan yang paling di takuti adalah getaran yang kuat akan getaran pergerakan tersebut memicu terjadinya tsunami atau gelombang air yang tinggi dan kuat bisa menyapu daerah yang dilewati aliran gelombang tersebut baik bangunan atau pun kendaraan dapat terbawa arus gelombang tersebut.


Jika terjadi gempa baik daerah pemukima kota atau pun pinggiran pantai yang di huni oleh nelayan harus tetap waspada akan bahayanya datang tsunami yang bisa datang kapan saja, tanpa di prediksi. jika terjadi gempa di usahakanlah jauh dari bangunan dan selalu waspada di daerah sekitanya , untuk penduduk pinggiran pantai di sarankan selalu untuk segerah menjauh dari apabila terasa goncangan yang besar dan kuat segeralh menjauh dari pantai  dan cari lah tempat yang tinggi untuk berjaga jaga  apa bila terjadi tsunami.

apa bila gempa terjadi goncangan  besar tidak sempat untuk melarikan diri dari rumah dan terjebak sebaiknya cari perlindungan di bawah meja atau cari berlindung di bawah  tempat tidur agar terhindar dari benturan benda benda yang berada di langit langit rumah yang bisa membuat anda terluka atau pun cedera.

selalu peka jika ada terasa goncangan segeralah, selamatkan keluarga anda dan keluarlah dari rumah , bawa barang berharga yang bisa di bawa seperti handphone untuk bisa menghubungi kerabat atau pun keluarga yang lainnya agar memastikan tidak terjadi apa apa.

Tidak ada komentar