Header Ads

Bahayanya Jajanan Sekolah

Bahayanya Jajanan Sekolah



Anak anak yang hobi mencoba jajanan jalanan yang memiliki cita rasa yang enak meskipun hanya makanan jajanan yang di jual dengan harga yang terjangkau, biasa nya jajanan yang di jual lebih banyak di lokasi sekitar sekolahan di karenakan keuntungan yang lebih banyak di peroleh dari anak anak yang gemar membeli makanan yang murah atau pun mainan lainnya.

tetapi tahu kah anda  bahwa masih ada pedagang jajanan yang melakukan kecurangan dalam memproduksi jajanan tersebutdan ternyata masih terdapat zat berbahaya yang di gunakan sebagai bahan bakunya atau pun olahan daging yang di gunakan adalah daging daging yang sudah membusuk  atau pun menggunakan udang busuk sebagai bahan utamanya, sepertinya hanya bakso, sosis, dan daging lainya yang di olah menjadi tampilan yang lebih menarik.


tapi tahukah anda zat apa saja yang di gunakan dalam jajanan tersebut? beberapa makanan yang sudah di teleti mengandung zat berbahaya antara lain :

- Boraks
boraks biasanya sebagai bahan pembuat sabun deterjen ,yang biasa orang gunakan dalam rumah tangga untuk mencuci pakaian , namun sekarang boraks di gunakan sebagai salah satu bahan untuk makanan padahal sudah di ketahui bahaya boraks apabila terkena kulit, mata , ataupun di makan.

bahaya boraks apabila tertelan dapat mengakibatkan iritasi pada lambung perut dan juga usus usus yang menyerang nya , apa lagi terkena kulit ataupun mata, nyeri yang di rasakan terasa sangatsakit jika di gunakan dalam waktu yang panjang dan dampak yang paling buruk adalah gagal ginjal yang bisa mengakibatjan kematian.

- pengawet

pengawet kebanyakan di gunakan dalam bidang kedokteran untuk menyuntikan pengawet kepada jenazah agar tidak membusuk, tetapi beberapa oknum pedagang melakukan hal licik agar dagangan tersebut tidak habis terjual dapat bertahan lama dan bisa di konsumsi, tapi tahukah anda betapa berbahaya pengawet bagi tubuh apa bila di konsumsi dalam jangka panjang, dapat mengakibatkan kerusakan jantung , kerusakan ginjal , diabetes ,kanker otak, tumor , dan lain lainya.

- pewarna sintestis

pewarna sintestis yang di gunakan penjual agar dapat menipu pembeli dengan cara memberikan warna yang lebih segar agar makanan tersebut terlihat lebih segar, dan meyakinkan masih baru, namun tahukah anda pewarna tersebut hanya untuk menutup lapisan luar pada makanan saja tetapi tahukah anda dampak yang bisa di timbulkan akibat pewarna sintestis tersebut ?

- kuman dan bakteri

kebersihan makanan harus di perhatikan pada proses produksinya, namun kebanyakan pedagang jajanan tersebut tidak memperhatikannya dan membuat langsung tanpa melihat sekitar yang bersih ataupun kotor, dan kebanyakan pedangan tidak menggunakan pelindung seperti sarung tangan dan masker untuk menutupi mulutnya agar tidak menyebarkan virus ataupun bakteri dari dirinya, dan juga wadah yang di gunakan wadah yang kurang bersih ataupun bekas yang sering di gunakan tanpa mencucinya hanya menggunakan secara terus menerus tanpa mempedulikan kebersihan.

dapat megakibatkan bibir pecah pecah, panas dalam, gangguan kulit, kanker, tumor dan juga gangguan organ lainnya.


untuk itu harus selalu perhatikan makanan yang di konsumsi oleh buah hati dan juga membeli makanan juga harus memperhatikan kandungan komposisi dalam makanan tersebut perhatikan masa berlaku makanan exp tersebut. BPOM juga berperan penting dalam pengawasan makanan yang di jual oleh pedagang kecil dan juga peran sekolah  untuk melarang anak anak membeli jajan yang berada di luar.

salam super untuk semua orang tua dan organisasi pemerintahan yang selalu memperhatikan kesehatan masyarakatnya, tingkatkan terus pelayanannya agar lebih sejahtera masyarakatnya

Tidak ada komentar