Header Ads

Pilihlah Bahan Bangunan Yang Terbaik Dan Berkualitas

Pilihlah Bahan Bangunan Yang Terbaik Dan Berkualitas



Saat membangun rumah tentunya kita menginginkan bangunan rumah kita terlihat indah & kokoh, maka dari itu kita harus memilih material bangunan yang bagus serta berkualitas. Pemilihan bahan bangunan ini sangatlah penting, mulai dari memilih kualitas yang baik disertai penggunaan yang tepat hingga penggunaan & pemakaian yang sesuai.

Secara letak geografis indonesia memiliki 2 buah musim, kemarau dan penghujan dan cuaca yang sangat ekstrim. Indonesia juga merupakan tempat bertemunya lempeng-lempeng bumi di dunia, tak ayal membuat Indonesia kaya akan alam yang indah dan bencana-bencana alam yang hadir di negara ini juga cukup menakutkan, maka dari itu, mau tidak mau dan harus mau membuat konstruksi rumah yang baik dan dapat mengatasi kejadian di atas adalah suatu keharusan bagi masyarakat Indonesia membangun rumah kokoh

1. Besi Beton

Besi beton memiliki banyak variasi dan jenis tergantung dari jenis ukurannya dari ukuran terkecil 10 mili sampai ukuran terbesar 12 meter untuk bangunan yang kokoh belilah besi yang berukuran besar. Dan telitilah sebelum membeli besi tersebut.Besi beton ini cukup kuat sehingga pemakaiannya sangatlah penting dalam pembangunan sebuah rumah maupun gedung sebagai pondasi tiang / dinding.


2. Pasir

Pasir merupakan bahan material yang pasti kita beli saat ingin membangun rumah karena pasir merupakan bahan pokok dalam membangun sebuah rumah. bila terlihat butiran pasir memiliki ragam bentuk butiran itu termasuk pasir yang baik dan tidak akan menggumpal. Pasir harus memiliki butiran yang tajam agar mendapat konstruksi plester yang keras bila telah dicampuri semen nanti.

Sedangkan pasir yang kurang bagus bila dikepal maka pasir akan terlihat menggumpal. Hasil adukan dengan semen menghasilkan plasteran yang tidak sekeras pasir pasir yang baik,namun tekstur plesteran lumayan halus sehingga memudahkan aci.
Tidak mengandung lumpur lebih dari 5 persen dan sewaktu dikepal tidak ada lumpur yang tertinggal.

3. Semen

Untuk semen, anda tidak perlu bingung karena semen yang di jual di pasaran memiliki kualitas dan harga yang sama, cukup pilih yang bermerk.

4. Bata Merah / Batako

Sebaiknya dalam membangun rumah menggunakan bata merah yang memiliki ukuran sedang, memiliki kekuatan keras, tidak mudah pecah, dan memiliki ukuran yang seragam. Fungsi bata merah dapat digantikan oleh batako apabila dana yang tersedia tidak mencukupi, namun dari segi kekuatan bata merah lebih kuat daripada menggunakan batako.

Tidak ada komentar